Apa Itu Safelink? Apa Saja Keunggulannya dan Apa Bedanya Dengan Shortlink?

Salah satu hal yang mungkin akan sering Anda temukan ketika berinternet adalah penggunaan safelink. Lalu apa itu safelink?

Ketika mencari sebuah website atau link mungkin Anda pernah mendengar istilah safelink. Lalu tahukah apa itu safelink? Pada awalya, safelink sendiri  dibuat untuk mengamankan sebuah link.

Saat ini, safelink banyak digunakan selayaknya shortlink. Fungsinya sama-sama membuat URL menjadi lebih simple dan pendek. Namun pada penggunaanya, tentu saja ada perbedaan antara safelink dan juga shortlink.

Apa Itu Safelink?

Secara pengertian, safelink adalah sebuah web yang dibuat untuk mengarahkan user dari satu situs awal ke situs web tujuan. Dalam hal ini maka penggunaan safelink akan sangat memudahkan karena tidak perlu membuat URL baru untuk tiap link tujuan.

Jika dilihat dari sini, maka penggunaan safelink akan jauh lebih ringkas daripada menggunakan shortlink. Hal tersebut karena ketika menggunakan short link maka masih perlu untuk membuat URL secara manual. 

Sebenarnya, pada awal kemunculannya, penggunaan safelink ini hanya sebagai cara untuk memudahkan penyingkatan URL dan membuat link tersebut aman. Pada cara ini maka safelink akan berungsi sebagai tools yang akan memfilter tiap URL.

Pada penggunaanya, maka safelink akan melihat apakah URL yang diakses cukup aman atau tidak. Jika muncul file atau jenis data yang memiliki potensi bahaya maka pengguna akan langsung mendapatkan peringatan.

Cara kerja safelink untuk ungsi ini sendiri biasanya dengan berupa landing page atau halaman transit. Halaman ini sendiri berfungsi sebagai pengalihan situs, dari situs pertama sebelum ke situs lainnya.

Saat ini sendiri, safelink bisa  berfungsi sebagai filter dan juga penyingkat URL.. Tools ini bisa berfungsi sebagai salah satu cara penghasil uang dari blog. Hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh banyak blogger belakangan ini.

Penggunaan safelink akan lebih berpotensi untuk menampilkan banyak iklan. Dari sinilah potensi keuntungan bisa didatangkan dengan banyaknya klik pada iklan tersebut. Tentu saja dengan semakin banyak klik 

Apa Bedanya Safelink dan Shortlink?

Setelah mengetahui apa itu safelink? maka mungkin Anda juga akan paham jika ada sedikit persamaan antara safelink dan juga shortlink. Jika dilihat secara sekilas, maka kedua tools ini akan berfungsi sebagai penyederhanaan link.

Namun dalam prakteknya, tentu saja hal tersebut akan memunculkan hal yang berbeda. Berikut adalah perbedaan safelink dan shortlink, terutama jika dilihat dari bagaimana cara kerja dari kedua sistem ini. Berikut adalah perbedaannya.

1. Shortlink

Sesuai namanya maka shortlink merupakan pemendek URL. Cara kerja dan penggunaan dari tools ini tergolong mudah bahkan murah, karena tidak membutuhkan biaya sedikitpun. Dalam beberapa kasus, penggunaan shortlink juga bisa menghasilkan uang.

Masalah dari penggunaan shortlink adalah Anda harus memasukan secara manual semua situs yang akan dipendekan URL-nya. Hal ini tentu merepotkan jika Anda membutuhkan banyak link.

⦁    Jika dilihat dari cara kerjanya, maka berikut adalah alur kerja dari penggunaan shortlink.
⦁    Anda akan memasukan URL dari sebuah website ke tools yang berfungsi sebagai pemendek link.
⦁    URL yang telah dipendekkan tersebut akan diletakan pada tempat yang Anda inginkan.
⦁    Jika ada orang yang membaca dan mengklik link tersebut, maka pembaca tersebut akan diarahkan ke website yang berasal dari penyedia layanan pemendek URL tadi.
⦁    Pembaca bisa melakukan Skip Ads setelah beberapa saat iklan muncul.
⦁    Jika sudah, maka pembaca akan dialihkan langsung situs yang mereka tuju atau mereka klik sebelumnya.

2. Safelink

Jika dibandingkan dengan shortlink maka sebenarnya penggunaan safelink jauh lebih rumit dan membutuhkan biaya. Beberapa hal yang perlu Anda siapkan antara lain domain, hosting, dan script yang akan Anda gunakan.

Tetapi di lain sisi penggunaan safelink jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan shortlink. Salah satunya karena Anda tidak perlu memasukan secara manual tiap URL yang akan Anda gunakan.

Jika dilihat dari segi keuntungan, maka penggunaan safelink ini juga sebenarnya lebih bisa menghasilkan banyak uang dari adsense jika dibandingkan dengan shortlink. Bisa dibilang space iklan yang disediakan safelink jauh lebih banyak daripada shortlink.

Jika dilihat dari cara kerjanya, maka berikut adalah alur kerja dari safelink:

⦁    Anda mengambil URL asli dari situs tujuan.
⦁    Anda akan menaruh URL tersebut di artikel ataupun di tempat yang Anda inginkan.
⦁    Pembaca mengklik URL tujuan tersebut.
⦁    Pembaca secara otomatis akan diarahkan ke safelink yang sudah Anda buat.
⦁    Setelah dari safelink, nantinya pembaca akan mendapatkan link tujuan ke situs yang mereka tuju dan mendapatkan apa yang mereka cari.

Keunggulan Menggunakan Safelink

Setelah paham apa itu safelink, Anda akan paham jika cara ini memiliki banyak fungsi. Selain memiliki banyak fungsi, menggunakan safelink juga memiliki banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Beberapa keuntungan ataupun kelebihan tersebut antara lain:

1. Adsense yang Lebih Banyak

Jika Anda bertanya tentang apa itu safelink dan apa saja keunggulannya, maka kelebihan yang pertama adalah bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari adsense. Bahkan penghasilan yang bisa dihasilkan bisa dua kali lebih besar.

Hal ini bisa terjadi jika pengguna sudah memasang iklan ataupun adsense secara mandiri di halaman situs tersebut. Dengan menggunakan safelink maka bisa saja iklan tersebut muncul dua kali, dan itu artinya pengguna akan mendapatkan dua kali keuntungan.

2. Iklan Lebih Tertata

Hal lainnya yang  juga menjadi keunggulan dari penggunaan safelink adalah tata letak iklan yang lebih tertata. Sebenarnya, masalah ini muncul dari penggunaan shortlink yang seringkali menghadirkan iklan dengan tata letak berantakan.

Sementara pada safelink, iklan-iklan tersebut bisa terlihat seperti konten biasa. Hal ini selain membuat tampilan menjadi jauh lebih rapi juga akan memudahkan pengguna untuk mencari mana tombol yang harus mereka klik.

3. Penghasilan yang Jauh Lebih Transparan.

Sudah dijelaskan sebelumnya jika penggunaan safelink bisa menghasilkan uang yang lebih besar daripada shortlink. Bahkan penghasilan yang bisa dihasilkan bisa mencapai 2 kali lipat lebih besar.

Selain lebih besar, hal lain yang juga menjadi keunggulan dari penggunaan safelink adalah hitung-hitungan penghasilan yang jauh lebih transparan. Untuk mengukur hal ini Anda bisa melakukannya dengan melihat langsung dari dashboard.

Sistem hitungannya juga dinilai lebih baik daripada menggunakan shortlink. Masalah utama dari penggunaan shortlink adalah pengguna tidak bisa memantau langsung apa yang mereka dapatkan.

4. URL Bisa Disingkat

Beberapa orang memang memilih menggunakan safelink dengan URL yang cukup panjang seperti aslinya. Namun hal tersebut bukan berarti jika safelink tidak bisa memendekan URL seperti shortlink.

Ketika Anda menggunakan safelink maka Anda akan mendapatkan banyak sekali plugin yang  bisa Anda gunakan untuk memendekan URL ini. Jika dilihat dari penggunaan pada sisi ini, maka sebenarnya antara safelink dan juga shortlink tidak ada bedanya.

5. Lebih Hemat Banyak Waktu

Selain masalah pengertian dari apa itu safelink, hal lain yang perlu Anda pahami juga adalah sistem kerjanya. Sistem kerja safelink ini juga termasuk salah satu keunggulan ketika Anda menggunakan cara ini.

Ketika menggunakan safelink, maka Anda tidak perlu memasukan semua link yang akan dipakai secara manual. Anda bisa melakukannya dengan otomatis dan semua link tersebut akan terbentuk.

Hal ini berbeda ketika Anda menggunakan shortlink. Maka Anda perlu menginput tiap link secara manual. Coba bayangkan jika memiliki ratusan link, maka Anda perlu menginput semuanya secara manual, tentu akan memakan banyak waktu.

Kelemahan Penggunaan Safelink

Jika Anda sudah paham dengan apa itu safelink, maka mungkin Anda juga menyadari jika ada kelemahan dari penggunaan tools ini. Beberapa kelemahan ketika Anda menggunakan sistem ini antara lain:

1. Butuh Biaya

Seperti sudah dijelaskan jika ketika menggunakan safelink maka Anda akan membutuhkan domain dan juga hosting. Untuk mendapatkan kedua hal tersebut maka tentunya Anda akan membutuhkan sedikit biaya.

Biaya tersebut akan Anda gunakan untuk menyewa hosting dan domain yang nantinya akan Anda gunakan. Termasuk nantiya biaya tersebut juga akan digunakan untuk berlangganan plugin, jika Anda ingin menggunakannya.

2. Rawan Terkena Banned

Hal lain yang juga mungkin banyak orang tidak sadar adalah penggunan safelink ini sebenarnya melanggar aturan tentang adsense. Dalam hal ini, Google sebenarnya tidak mengizinkan pemasangan iklan yang sama pada alamat alternatif dari web yang sama.

Potensi inilah yang biasanya akan menyebabkan adsense Anda terkena banned jika ketahuan. Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang yang menggunakan safelink secara berlapis sehingga penggunaanya menjadi samar.

Bagaimana Membuat Safelink?

Setelah paham dengan apa itu safelink dan juga apa saja keunggulan dan kekurangannya. Mungkin Anda juga tertarik untuk menggunakan cara ini. Jika iya, maka ada dua hal yang perlu Anda perhatikan untuk cara membuat safelink.

Pertama Anda harus menyiapkan script, domain, dan juga hosting yang akan Anda gunakan. Untuk script, maka Anda bisa mencarinya di search engine dan menyesuaikan script tersebut dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

Sementara untuk domain dan hosting, maka Anda bisa menggunakan berbagai macam penyedia layanan yang tersedia saat ini. Saat ini sendiri ada banyak penyedia layanan yang menyewakan hosting dan juga domain.

Selain itu, yang perlu Anda persiapkan juga adalah alamat safelink yang akan Anda gunakan nantinya. Untuk cara ini maka ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah menggunakan jasa Bicolink.com

Kenapa Harus Menggunakan Bicolink?

Mungkin pertanyaan selanjutnya setelah memahami apa itu safelink, adalah apa keunggulan membuat safelink dengan Bicolink? Setidaknya ada 3 kelebihan yang membuat Anda bisa menggunakan Bicolink ketika akan membuat safelink, hal itu antara lain:

1. Bonus Pendaftaran

Keuntungan pertama yang akan didapatkan ketika mendaftar safelink dengan Bicolink adalah Anda akan mendapatkan 20 ribu rupiah. Hal ini berlaku hanya untuk pendaftar baru saja. Keuntungan ini tentu menarik untuk Anda dapatkan.

2. Proses Pencairan Bisa Dilakukan Kapanpun

Hal lainnya yang juga menjadi keunggulan dari menggunakan Bicolink adalah dana yang Anda terima dari adsense bisa dicairkan kapanpun. Anda tidak perlu menunggu tiap minggu atau bulan, tapi bisa melakukan pencairan setiap hari.

3. Proses Pencairan Mudah

Ada banyak pilihan untuk Anda bisa mendapatkan dana setelah dicairkan. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkannya lewat e-wallet seperti OVO, GOPAY, ataupun DANA. Hal ini tentu saja akan memudahkan.

Tertarik Menggunakan Safelink?

Dengan semua penjelasan tentang apa itu safelink, apakah sudah membuat Anda tertarik untuk menggunakannya? Jika Anda seorang blogger, maka menggunakan safelink bisa berfungsi sebagai pelindung untuk link yang Anda gunakan.

Selain itu, penggunaan safelink juga bisa berpotensi untuk mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu potensi keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan dari adsenses. Jadi penggunaan safelink memang akan sangat menguntungkan untuk Anda.
 

Published on: 9/6/22, 7:56 PM